Jumat, 03 Februari 2012

kurang lebih 150 hari bersama SEMANTIK

lega, seneng, gembira, hmh... semua yang seneng2 deh pokoknya. pada akhirnya semeter 5 kelar juga. semester 5 adalah semester yang paling menyiksa selama kuliah. tugas datang silih berganti. capeeeek... badan remuk redam. bener2 ngabisin pikiran, tenaga, dan uang. bapak ibu dosen tuh gak bosen2nya ngasih tugas yg berat banget. semua mata kuliah, ya semua!
yang paling heboh tuh mata kuliah Semantik Bahasa Jawa. gila tuh matkul. seumur-umur gak pernah deh kebayang bakalan ngadepin persoalan hidup serumit itu. hampir tiap hari tuh isinya nangis, bete, suram, ngomel2, ngomong ma dia tuh ngotot2 terus, aku binguuuuung!!! sumpah!
em... sebelumnya aku kasih tau dulu apa sih Semantik itu? pelajaran atau setan? Semantik adalah salah satu ilmu bahasa yang mempelajari makna. di dalam bahasa Jawa yang dipelajari pada semantik, antara lain: 1. teges entar; 2. teges wantah; 3. dasanama; 4. kosok balen; 5. soraswara; 6. ambiguitas; 7. redudansi; 8. polisemi; 9. kolokasi; 10. set; 11. nama; 12. aran; 13. istilah; 14. owah-owahane teges adhedhasar drajade (dhuwur-asor); 15. owah-owahane teges adhedhasar penganggone (umum-mligi); dan 16. owah-owahane teges adhedhasar wilayahing (amba-ciyut).
di sini aku kebagian kosok balen. satu kelas dibagi jadi 16 kelompok. anggotanya tiga2. kan diacak tuh, tak kusangka tapi ini terjadi, aku satu kelas ma dia tauk! hah... shock... tapi juga seneng. dan ternyata emang membawa dampak yang baik. soalnya meskipun satu kelompok pada akhirnya ya dapet tugas individu juga. itu dia enaknya, kita berdua jadi bisa sharing, nyambung gitu.
setelah perkelompokan usai tibalah saatnya ngerjain makalah individu. makalah Semantik dengna bahasa Jawa, jumlah halaman minimal 10 maksimal 15 lembar, ditulis pake font Arial ukuran 11, pake kertas A4, spasi 1,5, dan daftar pustaka minimal 10 buku juga.
peperangan pun dimulai. saking ngerinya, sampe ada yang bilang ini tuh kaya nglewatin jembatan siratal mustakhim. astaghfirullah... kapan gitu yak jalan2 ke sana? hingga suatu ketika aku pun dilanda depresi yang sangat hebat! dimana sering nangis, bete terus sepanjang hari, dikit2 marah dan ujung2nya dialah yang kena omelanku, frustasi, depresi, kejang2, tidur ga nyenyak, tapi makan tetep rakus! :P
pokoknya mah ada 3 lagu yang cucok beudth, "aku mau makan ku ingat semantik, aku mau mau tidur ku ingat semantik, aku mau pergi juga ku ingat semantik..."
"mau makan teringat padamu, mau tidur teringat padamu, mau apapun teringat padamu, semantikku,,,"
"larane lara, ora kaya wong kang nggarap semantik, mangan ra doyan, ra jenak dolan, neng omah bingung..."
ah... seandainya suaraku bisa langsung diperdengarkan, pasti deh aku langsung masuk dapur restoran.
hmh... hari berganti hari akhirnya ada beberapa temen yang udah menempuh makalah 10 lembar. sedangkan aku? baru 8 lembar. wuh, panik tuh, beneran! langsung tuh tambah parah, muka kucel ga terawat (biasanya sih juga enggak), semakin menjadi tangisku, ditelpon ortu nangis, pokonya very very so so sensitive! gak pengen lagi deh menderita kayak gitu, ampun DJ!
karena prasaan mengganjal persis bahkan lebih sakit daripada putus cinta, akhirnya dengan segenap rasa keberanianku minta pertolongan kepada bapak dosen pengampu. aku mencoba konsultasi, dan ternyata judulku diterima! "KOSOK BALEN NGENANI WARNA". bukannya seneng dan mendapat pencerahan, tapi itu berdampak akut pada otakku! aku malah jadi makin pusing ma penjelasan beliau. ga tau apa yang harus aku tulis... 10 lembar itu berat bangeeet... :(
satu persatu temen2 udah ada yang maju presentasi. dan di antara mereka ada 2 sahabatku, Fungky dan Meyra. tambah deh tuh depresiku, soalnya di antara kami bertiga yang belom tinggal aku sendiri. so sad, ingin bunuh diri!
tapi mereka dan pacarku tercinta sangat mendukungku, jadilah aku memberanikan diri untuk maju presentasi. alhasil... hari yang ditunggu datang juga. dimana kalo pada hari itu ada orang yang berbuat jahat padaku, yang berlaku adalah hukum ini--> "aku masiya dibacok ora metu getihe". karena udah membeku darah ini, otak gak bisa konsentrasi, keringat dingin, kebelet pipis, kebelet pup, sambung menyambung menjadi satu.
namun, berkat doa restu orang tua melalui SMS, aku maju dengan enteng, maksa PeDe, modal power point yang dibikinin si dia. dan Alhamdulilah... dapet pujian dari bapak dosen! meskipun ujung2nya jatohin lagi. hahahha.
yang jelas setelah maju tuh beban enteng, serasa melayang di udara, terbang ke langit ke tujuh. meskipun tetep yah, re-vi-si. gak afdol gitu kalo ga re-vi-si.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar